Tuesday, 22 May 2012

Asal-Usul Julukan "Paman Sam" Untuk Amerika Serikat

Ilustrasi C: Google

"Paman Sam" pasti saat mendengar kalimat itu teman-teman pasti teringat akan sebuah negeri yang mengagungkan kebebasan dan membanggakan gaya Hidup bebas mereka, ya, paman sam adalah julukan yang di alamatkan kepada negara super Power Amerika serikat, tapi taukah kamu dari mana awal mulanya kalimat itu di mulai, kalau teman-teman belum tau dan mau tau mari kita simak sejarahnya dulu bersama-sama.

Samuel wilson, di lahirkan di Arlington, Amerika serikat pada tahun 13 september 1766, pada usia remaja yakni umur 14 tahun ia mengikuti wajib militer untuk berperang merebut kemerdekaan Amerika serikat dari Jajahan Inggris Raya, saat dewasa ia dan saudara kembarnya ebenezer membuka usaha daging di New York, pada perang dunia ke-2 meletus samuel wilson dan kembarannya menyuplai berton-ton daging bagi tentara Amerika yang sedang berperang baik di eropa, maupun di perang Asia Timur Raya.

Tahun 1812 berton-ton daging untuk keperluan perang di beli Di Troy, New York, oleh Elbert Anderson, seorang kontraktor pemerintahan Amerika, daging ini di beli dari dua bersaudara ebenezer dan samuel wilson, samuel wilson sering di panggil dengan sebutan "Uncle Sam" oleh pekerja dan Teman-temannya. Setiap paket daging yang di kirim di tandai dengan Inisial E.A-U.S, pada saat di mintai arti inisial tersebut oleh Elbert Anderson (karena pada zaman Itu belum ada penyingkatan kata bagi negara Amerika), para pekerja memplesetkan Artinya E.A Menjadi Elbert Anderson dan U.S menjadi "Uncle Sam" (dalam bahasa Indonesia Uncle Sam adalah Paman Sam) yang seharusnya U.S bermakna United States, sampai pada akhirnya kalimat sederhana itu menjadi sangat populer bagi kalangan pekerja, tentara, dan seluruh penduduk Amerika, sehingga menjadi maskot Amerika kelak sampai saat Ini.

Dari kisah di atas akhirnya di tulis dalam sebuah koran, yang di terbitkan pada tahun 1860-an dan 1870-an. Kartunis politisi Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman sam, Nast mengembangkan Gambar tersebut dengan memberikan paman sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan Garis merah,putih,biru, sampai akhirnya pada tahun 1961 perlemen Amerika Serikat mengakui Samuel Wilson sebagai Cikal Bakal Symbol warga negara yang baik dan Dermawan Amerika.

This Is The Oldest Page

3 komentar

yosh, nice
kalao julukkan negara Prancis itu "Uncle Rico" ^_^
mampir yuk...
http://alvian-cs.blogspot.com

Ok, gan akan sya liat blog'a agan, thx dah d komen.....??

Makasih buat yang udah mosting, lumayan buat nambah pengetahuan sejarah. Sukses selalu :)

Berkomentarlah dengan Cara yang sopan dan punya etika, No Bully, No Sara, No Spam dan yang terpenting No Porn, biar Barokah hidup kita!!
EmoticonEmoticon