Wednesday, 4 February 2015

Motif Kerawang Suku Alas


By Aefarlava


Kutacane (04/ Februari/ 2015), Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki motif atau corak warna sendiri-sendiri yang pasti sangat khas dari daerah-daerah tersebut tak terkecuali dengan Suku Alas yang mendiami lereng Gunung Leuser dan Bukit Barisan, juga memiliki corak atau motif yang sangat khas.

Memang, jika hanya sekilas memperhatikannya anda pasti akan menganggap motif/corak Suku Alas sama saja dengan Krawang Gayo Lues? tetapi jika kita cermat dan teliti dalam memperhatikannya dengan seksama anda akan mendapati perbedaan yang mencolok dari kedua motif tersebut, disini saya akan menjelaskan sedikit dari makna dan perbedaan motif Alas dan Krawang Gayo, jika ada kesalahan saya mohon maaf, tulisan saya ini adalah hasil dari pengamatan dan analisis pribadi saya sendiri.

Perbedaan yang sangat mendasar pada kedua corak/motif ini adalah pada Motif Alas berbentuk Segi empat sedangkan pada krawang gayo berbentuk segi tiga? dan perbedaan yang lainnya ada pada warna (di dalam segi empat dan segi tiga), dimana dari kedua motif/corak ini sama-sama memiliki warna Kuning,Merah, dan Hijau. tetapi di motif Alas di tambah satu warna lagi yakni warna putih.

Selain itu perbedaan ketiga adalah susunan warna di mana pada motif Alas di mulai dengan warna Putih, Hijau, Kuning, dan Merah. sedangkan pada krawang Gayo dimulai dengan warna Hijau, Kuning dan Merah.

warna dari kedua motif/corak ini bisa saja telah dipengaruhi oleh kasab Aceh (Kuning, Merah, Hijau dan Hitam). yang mana jauh sebelum Indonesia merdeka wilayah Gayo & Alas merupakan salah satu bagian dari Kesultanan Aceh Darussalam.





By acehtourismagency
Makna dari warna pada motif suku Alas sendiri adalah :
  1. Putih : pada warna ini bisa saja dipengaruhi oleh kebudayaan Batak dimana pada kepercayaan Suku Batak Simalungun warna putih diartikan sebagai Naibata Atas (Dewa Utama)  namun itu tidak dapat diterima pada saat sekarang dikarenakan Suku Alas saat ini 100% adalah beragama Islam, jadi warna Putih diperuntukan untuk Allah S.W.T
  2. Hijau : Warna Hijau diperuntukan Bagi para Alim ulama.
  3. Kuning : Warna Kuning diperuntukan bagi para Raja/pemimpin suku Alas, untuk sekedar informasi di Tanoh Alas ada dua kerajaan kecil yang dikenal dengan kejuran yang mana tunduk secara penuh pada kesultanan Aceh Darussalam yakni Kejuran Bambel. dan Kejuran Mbatu Mbulan.
  4. Merah : Warna Merah diperuntukan bagi para ksatria atau prajurit kerajaan.
Motif/corak suku Alas saat ini dapat dilihat di Mesjid Agung At-taqwa, Kutacane, Gedung DPR-K Aceh Tenggara, Pendopo Bupati Aceh tenggara, Rumah adat Alas di Kecamatan Badar, Balai Kota Kutacane, Stadion H. Syahadat dan di setiap Halte Bus yang ada di Kutacane, mungkin sekian saja yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurang saya mohon maaf, sampai jumpa lagi, Wassalam! :)

Berkomentarlah dengan Cara yang sopan dan punya etika, No Bully, No Sara, No Spam dan yang terpenting No Porn, biar Barokah hidup kita!!
EmoticonEmoticon