Wednesday, 23 September 2015

Ini Dia Oleh-oleh Khas dari Kutacane, Aceh Tenggara!



Gula Aren by Lintas Gayo

        KUTACANE (24 September 2015), Kalau kita mendengar kalimat gayo pasti yang terbesit di benak kita adalah dataran tinggi yang sejuk dengan kearifan lokal yang begitu banyak ditambah dengan wanginya aroma kopi arabika Gayo yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Tapi hanya segelintir masyarakat Indonesia umumnya dan Aceh bagian Tengah-Tenggara khususnya yang mengetahui bahwa kebanyakan kedai kopi di Aceh yang menyediakan kopi arabika Gayo menggunakan gula aren yang berasal dari Kutacane.

      Gula aren dari Kutacane sangat lah khas dan unik, dilihat dari proses pembuatannya yang masih tradisional dan alami dan juga ukurannya dari yang terkecil seukuran telapak tangan orang dewasa hingga mencapai berat 1 Kg. Sangat cocok dipadukan dengan kopi arabika gayo, dijamin anda akan merasakan sensasi yang berbeda dalam menikmati secangkir kopi.



Bukit Cinta dan Kopi air aren



       Jika anda mau merasakan hal unik lainnya jangan lupa juga untuk singgah di Bukit cinta, Lawe sikap, Kecamatan Darul Hasanah sekitar 3 Km dari pusat Kota Kutacane, disepanjang jalan bukit cinta, berjejer pondok-pondok kecil yang menyuguhkan kopi dan teh dengan campuran air nira yang sangat segar ditenggorokkan karena baru saja diambil dari pohonnya. Dari atas Bukit Cinta ini anda juga akan dapat menikmati pemandangan Kota Kutacane secara keseluruhan dari atas bukit, dijamin kepenatan dalam aktifitas sehari-hari anda akan seketika ikut hilang.

       Jadi, tak lengkap rasanya jika anda berwisata ke dataran tinggi gayo tanpa ke Kutacane dan pulang tanpa membawa Gula aren sebagai oleh-olehnya. harga gula aren sendiri bisa mencapai 70-100 ribu, tergantung anda dalam bernegosiasi.

Refrensi :
  1. Lintas Gayo 
  2. Riduwan Philly

Berkomentarlah dengan Cara yang sopan dan punya etika, No Bully, No Sara, No Spam dan yang terpenting No Porn, biar Barokah hidup kita!!
EmoticonEmoticon