Monday, 16 May 2016

Sayur Sulukh Kosap Khas Kabupaten Aceh Tenggara dan Manfaatnya

Sulukh Kosap Foto : Lagu Alas



AEFARLAVA-Sulukh Kosap merupakan salah satu jenis sayuran tradisional khas dari Tanoh Alas Kabupaten Aceh Tenggara yang dewasa ini mulai kurang diminati oleh masyarakatnya dan tergerus dengan jenis-jenis sayuran lainnya yang lebih populer di Indonesia saat ini seperti Sayur lodeh, sayur asem dan lain-lain.  

Sulukh Kosap sendiri berasal dari Bahasa Alas yakni Sulukh (Akar) dan Kosap (Keladi). jadi dapat kita artikan Sulukh Kosap adalah sayuran yang bahan utamanya berasal dari akar keladi yang merupakan cikal bakal dari anak keladi.

Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae), Talas atau taro tercatat sebagai tumbuhan asli kawasan tropis namun ada yang mengatakan talas merupakan tumbuhan asli Tahiti dan kepulauan Polynesia di pasifik. Nama taro berakar dari bahasa Tahiti. Menurut sejumlah para ahli satu keluarga dengan xanthosoma dan caladium dua jenis talas atau lompong disini banyak ditanam sebagai tanaman hias.



Akar Talas Foto : Lagu Alas


Berbagai penelitian yang dilakukan talas mengandung : Zat besi, Kalsium, Garam fosfat, Protein, Vitamin A, dan B. Zat – zat tersebut tidak hanya terdapat pada umbinya tetapi pada daun dan akarnya.

Besar dan beragamnya kandungan kimia talas tersebut membuat banyak ahli merekomendasikan talas untuk mengobati berbagai penyakit seperti : Diare, Peranakan turun, Pembengkaan, Disentri, Kutil, Eksim, Muntah darah, Digigit serangga, Bisul, Biduren, Sakit tulang, Luka terkena benda tajam, Radang ginjal, Sakit sendi, Benjolan kelenjar limpa, Sakit otot. 

Hasil uji coba menunjukkan reaksi positif pada penderitaanyang penyakit tersebut yang menjalani terapi pengobatan menggunakan ramuan talas.




Di Indonesia sendiri Kebanyakan orang  beranggapan bahwa seluruh tubuh dari keladi mulai dari daun, akar hingga umbinya beracun dan tak bisa sama sekali di konsumsi, anggapan itu memang tak salah sepenuhnya, Talas merupakan jenis tumbuhan yang beracun dan sangat jarang di konsumsi manusia di dunia ini, namun jika kita bisa mengolahnya dengan baik dan teliti umbi dan akar daun talas dapat kita konsumsi dan nikmati contoh nyatanya adalah Sulukh Kosap ini sendiri yang merupakan salah satu sayuran khas dari Tanoh Alas yang sudah di konsumsi sejak turun temurun oleh Khang Alas tanpa sekalipun ada kasus keracunan setelah mengkonsumsinya.

Cara pembuatan sayur ini sendiri sama seperti kita membuat jenis sayur asem dengan penambahan asam Sunti (Kemie) dan Mangga Muda. Tapi, jangan coba-coba sembarangan mengolah jenis kuliner ini ya, kerena bukannya kenikmatan yang anda dapatkan. tapi rasa gatal yang sangat pada mulut dan lidah sedikit Extream ya?. ahahhaha jadi alangkah baiknya anda terlebih dahulu belajar pada pakarnya di Tanoh Alas Kabupaten Aceh Tenggara, ehehhe

Bagaimana, tertarik untuk mencoba sayuran extream ini, saya tunggu tanggapan anda? ;)

Sumber :
  1. http://lagualas.blogspot.co.id/2012/03/sulukh-kosap-by-david-viradi.html
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Keladi
  3. http://grosirfun.blogspot.co.id/2013/05/manfaat-talas-keladi.html

Berkomentarlah dengan Cara yang sopan dan punya etika, No Bully, No Sara, No Spam dan yang terpenting No Porn, biar Barokah hidup kita!!
EmoticonEmoticon