Wednesday, 11 March 2015

Mekhemu Suku Alas


Mekhemu Suku Alas
Mekhemu Suku Alas
    

       Kutacane (12 Maret 2015), Mekhemu adalah salah satu dari senjata Tradisional yang ada di Provinsi Aceh lebih tepatnya di Suku Alas, Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, mungkin agak asing ditelinga anda wajar saja karena Rencong lebih dahulu dikenal dan identik sekali dengan kegagahan para pejuang Aceh melawan Penjajahan Belanda di masa silam.


    Dulu, Mekhemu biasa digunakan dalam pergelaran Pelebatan (Adu kekuatan dalam Suku Alas) tetapi sudah dilarang penggunaannya sejak zaman Kolonial Belanda dikarenakan efek yang akan diterima sangat berbahaya bagi pelakunya.


   Dewasa ini penggunaan Mekhemu hanyalah pada saat Pekojeken (Adat Pernikahan suku Alas) yang di pegang oleh Belaghak (Mempelai Lelaki), dan jarang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Pakaian Adat Alas
C:Wikipedia
Mekhemu sendiri terbuat dari Baja dan sarungnya terbuat dari kayu yang dilapisi warna hitam dan putih cerah, Mekhemu bukan hanya sebagai senjata Tradisional melainkan lambang kegagahan dan keberanian Suku Alas pada waktu silam . untuk itulah Kabupaten Aceh Tenggara memasukkan Ikon Mekhemu sebagai identitas diri.


Kabupateb Aceh Tenggara
C: Wikipedia

Berkomentarlah dengan Cara yang sopan dan punya etika, No Bully, No Sara, No Spam dan yang terpenting No Porn, biar Barokah hidup kita!!
EmoticonEmoticon