Tuesday, 28 July 2015

10 Lagu Alas tahun 2015 Terbaik



Penyanyi Tanoh Alas bg Sawal
            Kutacane (29 Juli 2015), Bisa dikatakan tahun 2015 adalah tahun masa keemasan bagi blantika musik Alas, dimana selain berhasil menjadi raja  di negeri sendiri di Kabupaten Aceh Tenggara, musik Alas juga mampu bersaing dan diterima di kabupaten lainnya walaupun masih terbatas di Kota Subulussalam, Singkil, Gayo Lues dan karo (Lau Baleng), itu adalah suatu kemajuan yang berarti, selain itu menurut amatan kami, musik Alas mulai bisa melepaskan diri dari bayang-bayang Musik Karo, dan mulai menciptakan musik dengan ciri khasnya tersendiri. untuk itulah kali ini kami akan menyusun 10 Lagu Alas Terbaik versi Aefarlava di tahun 2015, penilaian kami adalah tidak hanya lagu yang mudah didengar dan dinyanyikan melainkan juga kami melihat makna dari lirik yang dibuat dan video klip yang unik dan berbeda dengan yang lain, berikut ulasannya :

  1. Sawal - Sikadan Kale (Video & Download)
    lagu terbaik versi Aefarlava di tahun 2015 jatuh kepada lagu yang berjudul Sikadan Kale yang dibawakan oleh bg sawal, lagu ini menceritakan tentang Mantan dulu (Sikadan kale) yang mana seorang anak laki-laki dan perempuan bertemu sejak kecil dan mulai merasakan cinta pertama, walaupun semua sudah mereka rencanakan tetapi tuhan juga yang akhirnya berkehendak, mereka akhirnya bersaudara dikarenakan pernikahan orang lain yang membuat mereka tidak bisa jadi menikah.
  2. Ariani -Cembukhu (Video & Download)
    Ariani dengan lagu cembukhu menduduki peringkat ke-2, lagu ini menceritakan tentang seorang kekasih yang sedang cemburu dengan kawan dari pasangannya yang terlalu akrab dengan pasangannya, kami memilih lagu ini dikarenakan video klip lagu ini sudah sangat bagus dimana Ariani berani memasukkan unsur tarian khas Suku Alas, yang selama ini sangat minim promosinya.
  3. Sui ne ni Hande
    Peringkat ke-3 adalah lagu dengan judul Sui ne ni Hande (Sakitnya disini) mohon maaf kami tidak tahu nama penyanyinya, tetapi kami merasakan ada hal unik dari lagu ini, lagu ini memiliki kreatifitas tersendiri yang membuat lagunya berbeda dengan lagu lainnya.
  4. Rofiah - Sebening Tobang (Video & Download)
    Sebening Tobang menceritakan ketulusan seorang istri dalam mencitai suaminya dan tetap menjaga kesetiaannya walaupun kesetiaannya itu selalu saja diragukan oleh pasangannya. peringkat ke-4 diraih oleh Rofiah.
  5. Menang Gaye (Video & Download)
    Posisi ke-5 diraih dengan judul lagu menang gaye, menceritakan sehebat apapun manusia pasti ada batas dan akhirnya jadi jangan pernah sombong dengan apa yang di miliki sekarang ini.
  6. Ida Lestari- Ai ku pe ( video & Download)
    Lagu ini menceritkan kesetian seorang kekasih dengan harapan kekasihnya pun ikut setia.
  7. Sawal Feat Kundet-Pantun Jenake (Video & Download)
    Pantun jenake memberikan nuasa baru di blantika musik Alas, dimana lagu ini dibumbui dengna lawakan khas tanoh Alas.
  8. Azhon Lipa- Megade Empus (Video & Download)Lagu ini syarat dengan nasehat bahwa dalam berumah tangga itu hal kecil jangan sampai dibesar-besarkan dan keteguhan hati seorang suami menyelamatkan rumah tangganya, Azhon lipa dengan megade empusnya menduduki peringkat ke-8
  9. Sawal - Wee lah (Video & Download)
    lagu-lagu bg sawal memang telah diakui sejak dulu dia mempunyai ciri khas yang kuat dalam bermusik salah satunya dengan hadirnya lagu Wee lah, yang menceritakan tentang kesombongan manusia itu cuman sementara.
  10. Ani -Tentekhe Gadungen (Video & Download)
    sampai pada posisi terbaik ke-10 di kuasai oleh Ani dengan lagu tentekhe gadungen yang meceritkan seseorang mengaku-ngaku sebagai tentara dengan gaya menyakinkan hampir saja menipu si Ani.
demikian hasil dari pengamatan kami, insya Allah tahun depan akan kami ulas 10 lagu terbaik di tahun 2016, jika ada kesalahan dan ketidaksesuaian kami mohon maaf, wassalam.

Berkomentarlah dengan Cara yang sopan dan punya etika, No Bully, No Sara, No Spam dan yang terpenting No Porn, biar Barokah hidup kita!!
EmoticonEmoticon