Resep Sonde, Makanan Bagi Pasien Yang Menggunakan Selang NGT



KLIK SUSU DIABETASOL PROMO (Shopee)

Playlist Kamu-Hay kembali lagi di blog saya ini, kali ini saya akan berbagi pengalaman dan resep makanan bagi pasien yang sulit menelan atau makannya sudah pakai selang ngt yang langsung ke lambung.

Ayah saya satu tahunan ini sudah menggunakan selang NGT untuk makan, karna dia sudah kesulitan untuk menelan dan mengunyah makanan biasa.

Jadi, kami memutuskan untuk memasangkan selang NGT yang langsung ke lambung, Alhamdulillah dengan pemakaian selang tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan ayah saya, yang dulunya dia sulit makan dan hanya mau makan tiga sendok nasi setiap harinya, hal ini juga membuat berat badannya semakin menurun.

Namun, setelah memakain selang ngt, berangsur-angsur berat badan ayah saya semakin membaik walaupun tidak kembali seperti semula sih, tetapi sudah sangat membaik dari pada sebelumnya.

Untuk makanan dan menunya sendiri setelah menggunakan selang ngt juga mulai berbeda dari sebelumnya, ahli gizi di rs tempat ayah saya berobat, menyarankan untuk makan makanan menu sonde, lalu sonde itu apa sih???

KLIK SUSU DIABETASOL PROMO (Shopee)

Sonde adalah makanan cair penuh atau kental, atau secara sederhananya Sonde itu semua makanan yang tadinya masih utuh dihaluskan menggunakan alat bantu dalam hal ini blender menjadi seperti bubur yang berfungsi mempermudah masuknya makanan cair tersebut ke selang ngt. 

Jadi, sonde yang sudah halus tersebut dialirkan menggunakan suntik ukuran besar masuk ke selang ngt yang dialirkan langsung ke lambung.

Ayah saya juga sekarang mengidap penyakit pengecilan otot, jadi sekarang dia hanya bisa terbaring di tempat tidur, nah disitulah timbul lagi masalah, dimana karena kelamaan berbaring area belakang badan atau punggung ayah saya menjadi melepuh atau terkelupas menimbulkan luka, untuk mengatasinya kami menggunakan ikan gabus atau belut, agar mempercepat penyembuhan kulit yang melepuh atau terkelupas tersebut, selain itu kami juga menggunakan obat luar seperti obat bioplacenton gel, dioleskan tipis-tipis dibagian atau area yang melepuh atau terkelupas.

Untuk mempersingkat waktu Berikut resep sonde dari saya, sekali lagi ini berdasarkan pengalaman dan konsultasi saya dengan ahli gizi saya :

  1. Nasi (Sesuaikan dengan kebiasaan makan pasien)
  2. Putih telur (1 butir setiap kali makan)
  3. Tahu (setengah)
  4. Brokoli
  5. Wortel
  6. Air Matang
  7. Hati ayam (Pemakaiannya jangan bersamaan dengan ikan gabus atau belut)
  8. Ikan Gabus atau belut (di kukus)
  9. Tambahan bisa sesekali memberikan Jus pada pasien
Semua nomor 1 sampai 7 disatukan dan diblender yaa sampai halus, upayakan halus agar saat memberi makan pasien gampang dan mudah.

Sekian dari saya semoga bermanfaat yaa, Wassalam.

Post a Comment for "Resep Sonde, Makanan Bagi Pasien Yang Menggunakan Selang NGT"