Pengalaman Cantengan Kaki Sampai Bernanah dan Cara Mengatasinya

 


PlayList Kamu-Assalamualaikum Wr Wb, selamat pagi siang dan malam buat kita semua dimanapun berada, semoga dihari ini kita dilancarkan segala aktifitasnya, diberikan nikmat kesehatan baik jasmani maupun rohani serta dilimpahkan banyak rezeki oleh Tuhan YME, Aamiin.

Seperti biasa, sebelum ke pembahasan tidak bosan-bosannya saya mau mengucapkan terimakasih dan selamat datang di blog saya ini, semoga dengan postingan kali ini bisa menjawab pertanyaan kamu selama ini yaa.

Ok kita langsung saja ke pembahasan sesuai dengan judul postingan kita kali ini "Pengalaman Cantengan Kaki Sampai Bernanah dan Cara Mengatasinya"

Apa Itu Cantengan??

Kalau secara ilmiah cantengan disebut dengan istilah paronychia yang mana memiliki pengertian infeksi jaringan yang berdekatan dengan kuku, paling sering kuku tangan dan kaki. Kondisi ini disebabkan oleh cedera atau iritasi, seperti bintil kuku, kerusakan kutikula, atau tangan yang terus-menerus basah.

Jaringan berdekatan yang menyakitkan, merah, bengkak dan bernanah jika dibiarkan terus menerus.

Kalau diistilah saya adalah untuk cantengan ini sebagai kaki bengkak diarea kuku baik tangan maupun kaki, namun dipengalaman saya kali ini adalah cantengan di bagian kuku kaki jempol.

Pengalaman Cara Mengatasi Cantengan Sampai Bernanah.

Jadi awalnya adalah kemalasan saya sendiri untuk potong kuku kaki pakai gunting kuku, jadinya saya sering menggunakan kuku tangan untuk memotong kuku kaki saya ahahah

Hal hasil bulan 7 tahun 2021 kemarin, terjadi iritasi diarea kuku kaki area jempol saya, yang awalnya saya menduga bahwa itu adalah hal biasa, maklum belum berpengalaman.

Jadinya, saya diamin aja itu kuku kaki yang tidak terlalu terasa sakit, namun karena aktifitas saya yang suka berolahraga badminton jadinya semakin memperparah cantengan saya.

yang tadinya hanya sakit sedikit lama-lama membengkak, memerah dan ujung-ujungnya bernanah.

Pada fase itu saya masih menganggap ini adalah luka biasa akibat tangan saya pada waktu memotong kuku yang tidak bagus, belum kepikiran bahwa itu adalah cantengan dan ada hubungannya dengan kuku kaki yang mengakibatkan iritasi dan infeksi.

Pada akhirnya karna sudah tidak nyaman lagi pada saat memakai sepatu, sakitnya luar biasa jika terkena suatu benda walaupun pelan, dan kaki saya sudah bernanah serta mengeluarkan aroma tidak sedap.

Barulah saya mencoba untuk mengobatinya yang awalnya hanya menggunakan obat biru atau daun kacar yang kata teman saya bisa mengempeskan bengkak dan menghilangkan nanah pada area kuku kaki saya, saya beralih ke cara yang berbeda setelah saya searching di google, ada yang menyarani obat baik hermal maupun obat apalah, namun yang pasti yang paling tepat untuk mengobati cantengan yang kukunya sudah terlalu pancang dan menancap ke kulit seperti yang saya alami adalah dengan cara memotongnya sampai ke ujung dari kuku yang membuat kaki saya membengkak.

Cara saya memotong kuku kaki cantengan tersebut adalah dengan membeli alat Set Kuku Manicure/Pedicure Gunting Kuku harganya cuma Rp 33k saya belinya di Tokopedia (bukan endorse), alatnya seperti ini :



Sumpah ini alat sangat berguna, jadi kamu hanya pakai 2 alat saja dari 12 tadi, gunting yang runcing ditambah dengan alat yang saya lingkari hijau diatas.

Jadi, setelah pastiin dulu dibagian mana saja yang terasa sakit untuk dipotong bagian tersebut, selanjutnya kamu gunting memakai gunting yang berbentuk runcing tersebut untuk membuka jalan.

Ohh yaa kelupaan, sebelum kamu memotong kuku cantengan tadi, saya sarankan kamu rendam dulu beberapa menit kalau saya 30 menitan dengan menggunakan air rinso atau air hangat juga boleh, hal ini agar kuku kita tadi agar lebih lembut pada saat dipotong dan tidak ada kendala karena terlalu keras.

Ok lanjut lagi, setelah dibuka jalan pakai gunting tadi, maka gunakan alat yang saya tandai hijau tadi, itu alat seperti pisau, namun tenang saja dia tidak akan melukai kulit kuku kamu, karna sudah didesain dan saya jamin akan sangat gampang kamu memotongnya, contoh memotongnya seperti ini :





Potong sampai habis dibagian yang terasa sakit, dan kalau bisa minta tolong kepada orang lain jangan dilakukan sendiri jika kamu merasa ragu.

Namun jika kamu tetap merasa ragu maka pergilah ke ahlinya alias dokter spesialis urusan beginian.

Yang bisa saya pastikan adalah cantengan ini tidak bisa didiamin tidak akan sembuh sendiri, kulit area kuku cantengan tersebut akan terus menyesuaikan dengan kuku kaki kita yang semakin mencap ke kulit yang akhirnya menambah bengkak pada kulit area kuku kaki kita.

Karena ini adalah pengalaman saya, saya tidak menjamin keberhasilannya dengan anda mungkin kasus di anda sedikit berbeda dengan saya, jadinya saya hanya sekedar sharing pengalaman dan semoga bisa membantu dan memberikan sedikit refrensi soal cantengan ini.

Tapi di Youtube juga sudah banyak yang kasih tutorial soal cantengan ini tinggal searching saja, ok sekian dari saya dan wassalam.

Post a Comment for "Pengalaman Cantengan Kaki Sampai Bernanah dan Cara Mengatasinya"