7 Hal Unik Yang Menjadi Alasan Kenapa Kamu Harus Datang Ke Ketambe, Kab Aceh Tenggara

Aefarlava (28 Februari 2020) Ketambe merupakan nama Kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), dan dikenal sebagai objek wisata alam andalan di tenggara Aceh. Dari Medan, Sumatera Utara, jaraknya sekitar tujuh jam perjalanan darat.

Hutannya alami. Berbagai satwa hidup damai di sini seperti burung, bajing, dan orangutan yang bergelantungan di pohon. Sungai Alas nya juga cocok untuk arung jeram.
Namun tahukah kalian ada beberapa fakta unik yang tersimpan di Ketambe...??? apa saja itu langsung saja, disedoott gann. 7 Hal Unik Yang Menjadi Alasan Kenapa Kamu Harus Datang Ke Ketambe, Kab Aceh Tenggara



Leonardo Menaiki Perahu Penyeberangan
C: Mongabay

1. Mega Bintang Hollywood Pernah Ke Sini
Jika kalian pernah menonton film Titanic Pasti yang terbesit dipikiran kalian adalah sang aktor utama Leonardo Dicaprio yang memerankan peran Jack Dawson dalam film yang melambungkan namanya di dunia perfilman, jika di Titanic kalian akan melihat Leonardo menaiki kapal yang super mewah pada zamannya, namun di Ketambe Leonardo juga ternyata menaiki kapal atau perahu yang tak kalah megahnya, perahu tersebut adalah alat transportasi yang digunakannya untuk menyebrang ke sisi tempat Pusat Penelitian Orangutan tertua di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Ketambe, Aceh Tenggara, Aceh.

Peristiwa ini terjadi pada tahun 2016 silam, misi utama Leonardo ke Ketambe adalah untuk melihat perlindungan Orangutan di tempat stasiun penelitian tersebut.

2. Satu-Satunya Di Dunia, Harimau, Gajah, Orangutan dan Badak Sumatra hidup Berdampingan
Tempat satu-satunya di dunia ini yang bisa kalian lihat dan tersisa dimana Harimau Sumatra, Gajah Sumatra, Orangutan Sumatra, dan Badak Sumatra yang bisa hidup berdampingan secara alamiah alias mereka hidup bebas di alam liar.

Luar biasakan, dimana lagi tempat seperti ini yang bisa kalian jumpai.

3. Jika Amazon Paru-Paru Dunia, Tempat Ini Adalah Jantungnya.
Tidak ada tempat yang seperti ini. Kawasan seluas 2.6 juta hektar ini adalah benteng pertahanan terakhir atas keragaman alam yang unik, satu-satunya yang tersisa di dunia. hiduplah badak sumatera, harimau sumatera, beruang madu, gajah sumatera, kambing hutan, dan orangutan sumatera, hidup berdampingan , berbagi ruang hidup yang sama. Inilah salah satu sistem hutan terlengkap di dunia, namun amat jarang diketahui..inilah juga sumber oksigen yang sangat penting bagi planet ini.
Kata para ahli ""Jika Amazon adalah Paru-Paru Dunia, Tempat ini adalah Jantungnya" seperti dilansir USNews.com.

4. Tempat Stasiun Penelitian Orangutan Sumatra Tertua di Indonesia
Stasiun Penelitian Ketambe adalah stasiun penelitian Orangutan Sumatra tertua di Indonesia bahkan di dunia, tempat ini didirikan pada tahun 1971, Dari website Gunungleuser.or.id, menyebutkan, awalnya tempat ini untuk merehabilitasi orangutan sitaan dari penduduk. Tempat ini kaya tumbuhan pakan orangutan, seperti jenis beringin (Ficus spp.), durian (Durio sp.) dan lain-lain.

Arung Jeram Ketambe C: Mongabay


5. Sungai Yang Menantang Bertaraf Internasional
Objek wisata ini juga dialiri oleh sungai terpanjang di Aceh yakni Sungai Alas, bagi kalian yang suka rafting, sungai ini adalah salah satu tempat yang harus kalian datangi, grade sungai ini sendiri adalah 3 dan 4,  dan sudah diakui secara nasional maupun internasional sungai ini sangat menantang terbukti dengan setiap tahunnya para peserta yang mengikuti pertandingan rafting di kabupaten ini tidak pernah sepi baik dari peserta lokal maupun mancanegara.

6. Kultur Budaya Yang Kuat
Ketambe adalah salah satu tempat yang mayoritas penduduknya adalah bersuku Gayo, disini kalian akan mendapatk sensasi budaya yang berbeda ditempat lainnya, kalian akan sangat mudah menjumpai orang-orang ramah khas timur serta budaya yang unik seperti Tari Saman, bines yang sangat populer akhir-akhir ini di Indonesia.

7. Tempat Yang Bersejarah dan Penuh Mitos Cerita Rakyat
Menurut cerita orang-orang tua dulu, tempat ini merupakan salah satu tempat yang bersejarah bagi masyarakat Aceh Tenggara, ditempat ini konon katanya pernah terjadi dua peristiwa dengan rentan waktu yang berbeda dan sampai sekarang masih dianggap beneran terjadi bagi sebagian orang di Aceh Tenggara, peristiwa pertama adalah Ketambe merupakan tempat di bunuhnya seorang Tokoh dalam legenda rakyat Alas yang bernama Silayakh, konon katanya potongan tubuh Silayakh yang telah dimutilasi oleh sang pembunuh dibuang di salah satu tempat di Ketambe, dan tempat tersebut sampai sekarang rumputan dan pohon tidak mau tumbuh lagi, jika kalian ingin mengetahui cerita lengkapnya  Klik disini

Peristiwa ke-2 adalah aksi heroik para pejuang Gayo-Alas melawan pasukan kolonial Belanda, ceritanya pada waktu itu kisaran tahun 1904, tatkala pasukan pimpinan Letkol. Van Daalen melakukan ekspedisi ke Tanah Gayo-Alas sekaligus merebut tempat terakhir Kesultanan Aceh Darussalam yang belum bisa dikuasai oleh Belanda, pasukan kecil dari Van Daalen mendapatkan serangan secara mendadak pada saat malam hari dari atas bukit, serangan itu bukan berupa senjata api ataupun pedang, melainkan batu besar yang menggelinding ke arah mereka tanpa mereka tau siapa yang melemparkan batu tersebut dari atas bukit tersebut, konon katanya puluhan tentara Belanda tewas pada peristiwa tersebut, dan anehnya lagi pada saat pagi harinya lagi batu raksasa tersebut telah kembali lagi ke atas bukit tersebut seperti sedia kala, oleh karena itulah masyarakat setempat menamai nama tempat tersebut dengan istilah Gunung Setan. Benar atau tidaknya peristiwa tersebut harus dilakukan riset ilmiah secara lebih mendalam lagi.

 Itulah dia 7 Hal Unik Yang Menjadi Alasan Kenapa Kamu Harus Datang Ke Ketambe, Kab Aceh Tenggara, semoga bermanfaat yaa sob....!!!!

Post a Comment for "7 Hal Unik Yang Menjadi Alasan Kenapa Kamu Harus Datang Ke Ketambe, Kab Aceh Tenggara"