Nama Dewa-Dewi Agama Hindu Beserta Kekuatannya

Mitologi-Agama datang sebagai ekspresi pencarian manusia untuk gambaran lengkap tentang alam semesta. Keinginan yang melekat untuk memahami alam sekitarnya, karma, keberadaan dan waktu dapat disimpulkan sebagai alasan utama di balik pembentukan agama dan keterikatan pada makhluk tertinggi.

Agama Hindu adalah salah satu agama tertua di dunia dan juga yang terbesar ketiga. Beberapa jenis dewa dan dewi disembah dalam agama Hindu dan jumlah mereka tidak dapat dipastikan. Sementara berbagai bentuk dewa disembah, diyakini bahwa semua pemuja menyembah satu makhluk tertinggi.

Agama Hindu memiliki mitologi luas yang dicatat secara komprehensif dalam tulisan suci. Mereka mendaftar banyak dewa dan dewi dalam berbagai manifestasinya. Masing-masing memiliki banyak kualitas dan kekuatan yang menarik. 

Hindu, dalam filosofi intinya, percaya bahwa ada satu wujud atau dewa tertinggi. Semua dewa lainnya adalah manifestasi atau avatar. Ada manifestasi yang sangat penting, dan ada juga beberapa yang relatif tidak dikenal.

Dalam aliran Hinduisme ada tiga sekte utama - Shaivisme, Vaishnavisme, dan Shaktism. Shaivisme adalah pemujaan terhadap Siwa, Vaishnavisme mengacu pada pemujaan Wisnu, dan Shaktisme adalah penyembahan Shakti atau Devi.

Smartisme adalah tradisi modern yang percaya pada penyembahan lebih dari satu Dewa, termasuk Vishnu, Siwa, Shakti, Ganesha, dan Surya.

Smarta (Dewanagari: स्मार्त; ,IAST: Smārta, स्मार्त) atau Smarta-sampradaya adalah aliran ortodoks atau sekte Hindu yang digagas kaum brahmana yang mengikuti Sanmata.

Istilah Smarta digunakan untuk merujuk kepada golongan brahmana tertentu yang mahir tentang smerti, atau yang mengakui smerti sebagai teks paling sahih.


Pada umumnya, umat Smarta memuja Tuhan dalam enam wujud: Ganesa, Siwa, Sakti, Wisnu, Surya, dan Skanda. Karena aliran ini menerima segala dewa-dewi Hindu yang utama, aliran ini dikenal sebagai Hindu liberal atau non-sektarian.

Umatnya mengikuti jalan filosofis dan meditasi, yang menekankan persatuan manusia dengan Tuhan melalui kesadaran. Aliran ini tidak terlalu bersifat sekte sebagaimana Waisnawa atau Saiwa, dan menganut asas keyakinan bahwa Brahman adalah prinsip tertinggi dalam alam semesta dan meliputi segala sesuatu yang ada.

Inilah beberapa dewa dan dewi Hindu:

  • Dewa Brahma, Sang Pencipta
Salah satu trinitas suci dalam agama Hindu, Brahma adalah Pencipta alam semesta. Dia biasanya digambarkan memiliki empat kepala.

Brahma terlihat duduk dalam lotus, bermeditasi. Dalam filsafat Veda, Brahma adalah perwujudan kecerdasan, dan hadir sebagai intelek dalam semua manusia.

Brahma adalah pencipta Veda. Ada empat Veda, dan dikatakan bahwa masing-masing dari mereka berasal dari salah satu kepalanya. Angsa adalah Kendaraanya.

Brahma juga dikatakan membaca Veda secara terus menerus dan secara bersamaan dari masing-masing dari keempat mulutnya. Dia berpengetahuan luas, dan pencipta semua makhluk di alam semesta.

  • Dewa Wisnu, Sang Pemelihara
Wisnu, oleh banyak sekte dalam agama Hindu, dianggap sebagai dewa tertinggi. Dalam perspektif normal dan umum, dia adalah salah satu Trimurti, bersama dengan Brahma dan Siwa.

Wisnu dilihat sebagai sang Pemelihara alam semesta. Menurut kitab suci, kebanyakan Vishnu Purana, alam semesta muncul dari pusarnya, dan makhluk hidup pertama yang dilahirkan adalah Brahma.

Garuda, burung mitologis adalah kendaraannya / vahan. Wisnu tinggal di Vishnuloka.
  • Dewa Siwa, sang Penghancur
Siwa, sebagaimana disebutkan di atas, adalah salah satu dari tiga dewa utama dalam agama Hindu. Doa dianggap sebagai mahluk tertinggi oleh salah satu sekte Hindu. Dia dilihat sebagai sang Penghancur dari alam semesta. Dia adalah salah satu dewa Hindu yang paling dikenal, dan sangat populer di antara semua umat Hindu.

Siwa dianggap sebagai dewa yang sangat sederhana yang disembah dalam bentuk Lingam.

  • Dewa Kartikeya, Dewa Perang dan Jenderal Tentara Para Dewa
Kartikeya adalah putra pertama dewa Siwa dan dewi Parwati. Salah satu tujuan utama kelahirannya adalah membunuh iblis Tarkasur. Karena ini dia dibesarkan oleh Kirtikas, jauh dari orang tuanya untuk melindunginya dari upaya Tarkasur untuk membunuhnya.

Setelah mencapai kekuasaannya, Kartikeya diangkat sebagai panglima tertinggi para dewa dalam pertempuran melawan Tarkasur. Karena keberanian dan keterampilannya, Kartikeya ditawari untuk menjadi raja surga, tetapi ditolak karena dia menganggap perannya sebagai panglima paling penting dan perlu

  • Dewa Ganesha
Ganesha, dewa gajah adalah salah satu dewa Hindu yang paling penting. Dia adalah putra kedua Siva dan Parvati dan adik Dewa Kartikeya yang lebih muda.

Saat melakukan puja atau ritual apapun, dia adalah dewa pertama yang disembah. Selama perselisihan yang salah dimengerti di mana Siwa tidak tahu bahwa Ganesha adalah putranya, dia memotong kepala Ganesha dengan marah. 

Kemudian setelah realisasi, kepala gajah ditempatkan dan Ganesha dihidupkan kembali, juga memberinya kekuatan untuk menjadi dewa pertama dalam urutan kepentingan. tikus adalah kendaraannya / vahananya. Ganesha sering dikaitkan dengan keberuntungan.

Ganesha disembah oleh semua sekte Hinduisme, membuatnya mungkin yang paling penting dari dewa-dewa Hindu. Dia biasanya digambarkan mengendarai seekor tikus, yang membantu dewa dalam menyingkirkan rintangan untuk sukses, apa pun ikhtiarnya.

  • Avatar Dewa Wisnu
1. Rama
Rama adalah salah satu dewa Hindu yang paling dicintai dan merupakan pahlawan dari epik Hindu yang disebut Ramayana.

Rama adalah dewa kebenaran dan kebajikan dan avatar lain dari Wisnu. Dia dianggap sebagai perwujudan sempurna umat manusia: secara mental, spiritual dan fisik.

Tidak seperti dewa dan dewi Hindu lainnya, Rama secara luas diyakini sebagai tokoh sejarah aktual yang eksploitasnya membentuk epik Hindu besar "Ramayana." Umat Hindu merayakannya selama Diwali, festival cahaya.

Rama digambarkan sebagai putra, saudara, suami, dan raja yang ideal dan sebagai penganut dharma yang ketat.

Jutaan orang Hindu mendapatkan kepuasan dari membaca dan mengingat kembali cobaan dan kesengsaraan Rama sebagai pangeran muda yang diasingkan dari kerajaannya selama 14 tahun.

2. Krishna
Krishna, juga dikenal dengan nama Shri Krishna, Vasudeva, Govinda, Gopal, Madhusudan, adalah inkarnasi ke delapan dari Wisnu dan salah satu filsuf dan pejuang yang paling terkenal dalam agama Hindu.

Krishna adalah putra Basudev dan Devaki. Dia ditakdirkan untuk membunuh pamannya, Kansa, Raja Mathura. Dia dibesarkan oleh orang tua asuhnya Yashoda dan Nanda di Gokul untuk membuatnya tetap aman dari usaha pembunuhan pamannya.

Festival Krishna Janmastami dirayakan untuk menandai kelahirannya. Krishna juga merupakan salah satu tokoh sentral dalam epik Mahabharata. 

Dalam pertempuran Kurushetra, Krishna bersumpah untuk tidak menggunakan senjata apa pun, tetapi diterima sebagai pengendara kereta kereta Arjuna.

Itu selama pertempuran Kurushetra ketika Arjuna dihadapkan dengan dilema pertempuran melawan saudara-saudaranya, bahwa Krishna memberinya pengetahuan tentang Gita.

Jika satu nama dewa Hindu dikenal dan diakui di seluruh dunia, itu adalah Krishna. Hindu mengidentifikasi Krishna sebagai guru kitab suci yang disebut Bhagavad Gita dan sebagai teman dan mentor pangeran Arjuna dalam epik Mahabharata.

Untuk para pengikutnya, Krishna sangat menyenangkan, penuh dengan lelucon yang lucu. Tetapi yang paling penting, janji Krishna kepada umat manusia bahwa ia akan memanifestasikan dirinya dan turun ke bumi kapan pun penurunan dharma telah mempertahankan keyakinan Hindu pada Yang Mahatinggi selama ribuan tahun.

  • Dewi Saraswati, Dewi Belajar
Dewi Saraswati adalah permaisuri abadi Brahma, pencipta dunia. Dan karena dia adalah sumber dari semua pengetahuan di alam semesta.

Saraswati adalah perwujudan dari pengetahuan itu sendiri. Dia biasanya diperlihatkan bermain sitar, duduk dalam teratai.

Saraswati adalah permaisuri Brahma Sang Pencipta dan dipuja sebagai dewi pembelajaran, kebijaksanaan, ucapan, dan musik.

Dia mewakili aliran kesadaran yang bebas. Putri Siwa dan Durga, Saraswati adalah ibu dari Veda. Nyanyian untuknya, yang disebut Saraswati Vandana, sering dimulai dan diakhiri dengan pelajaran tentang bagaimana Saraswati memberkati manusia dengan kekuatan ucapan dan kebijaksanaan.

Orang-orang Hindu menawarkan doa kepada Saraswati sebelum memulai pengejaran intelektual, dan mahasiswa Hindu didorong untuk menawarkan doa kepadanya selama masa sekolah / perguruan tinggi dan terutama sebelum dan selama ujian.

  • Dewi Parwati, 
Parwati adalah permaisuri abadi dan istri dewa Siwa dan. Dia dianggap sebagai 'Adi Shakti' atau kekuatan primordial yang membuat alam semesta bersama.

Parwati dipandang sebagai ibu yang baik hati di antara umat Hindu. Tetapi dalam tulisan suci, dalam hal-hal tertentu, dia telah mengambil bentuk Kali dan Durga.

Durga adalah ibu dewi dan dia mewakili kekuatan api para dewa. Dia adalah pelindung orang benar dan perusak kejahatan, biasanya digambarkan seperti mengendarai singa dan membawa senjata dalam banyak lengannya.

Kali juga dikenal sebagai dewi gelap, muncul sebagai wanita empat bersenjata yang ganas, kulitnya biru atau hitam. Dia berdiri di atas suaminya, Siwa, yang berbaring dengan tenang di bawah kakinya. Berdarah, lidahnya menggantung, Kali adalah dewi kematian dan mewakili pawai tanpa henti waktu menuju hari kiamat.

  • Dewi Laksmi, Dewi Kemakmuran
Nama Lakshmi berasal dari kata Sanskrit laksya, yang berarti tujuan atau sasaran. Dia adalah dewi kekayaan dan kemakmuran, baik material maupun spiritual.

Lakshmi digambarkan sebagai wanita berkulit empat berkulit keemasan, memegang tunas teratai saat dia duduk atau berdiri di atas bunga teratai besar. Keilahian kecantikan, kemurnian, dan kerumahtanggaan, citra Lakshmi sering ditemukan di rumah orang beriman.

Dewi Laksmi secara eksklusif disembah selama festival Diwali, Navratri, dan Kojagiri Poornima. Dia melimpahkan kekayaan pada yang layak, dan meninggalkan orang-orang yang menggunakan uang sembarangan. Dia juga memberi para jamaah dengan kemajuan spiritual dan intelektual.

  • Dewa Indra, Raja Para Dewa dan Penguasa Surga
Indra adalah dewa hujan. Airavat, gajah putih yang menguntungkan adalah kendaraan atau vahana-nya. Lain dari kendaraannya juga termasuk kereta kuda yang ditarik oleh sepuluh ribu kuda. 

Senjatanya disebut vajra. Indra adalah putra Aditi dan sage Kashyap. Indra adalah salah satu dewa paling penting di langit.

Indra sering ditampilkan sebagai dewa yang licik, mengirimkan rintangan di jalan para penyembah, terutama para asur dengan tujuan merusak upaya mereka untuk menyenangkan para dewa surga. Indra memiliki kekuatan dan keberanian.
  • Dewa Hanuman, raja monyet dan pelayan setia
Hanuman, juga dikenal sebagai dewa monyet, adalah putra dewa udara, Pawan atau Vayu. Dia juga salah satu dari delapan abadi yang dikenal sebagai astachiranjiwi.

Diyakini bahwa seorang Hanuman muda, pernah mencoba untuk menelan matahari. Karena sifatnya yang nakal, kekuatannya dibatasi hingga pertemuannya dengan Ram.

Setelah bertemu Ram, Hanuman menjadi penyembahnya yang setia memainkan peran sentral dalam epik Ramayana. Dia adalah salah satu pemuja terkuat Ram, yang membakar Lanka (kerajaan Ravan). 

Hanuman terkenal karena telah menyelamatkan saudara Ram, Lakshman, dengan membawa seluruh gunung sanjiwani buti, ramuan penghidupan. Untuk semua alasan ini, dia adalah simbol kekuatan pengabdian.

Hanuman ditampilkan dalam epik Hindu besar Ramayana. Dia mendapatkan jalan untuk pendewaan dengan melakukan prestasi kekuatan, pengabdian, dan keberanian sambil membantu Rama (avatar Wisnu) dalam insiden menarik yang tak terhitung jumlahnya.

Post a Comment for "Nama Dewa-Dewi Agama Hindu Beserta Kekuatannya"